Analisis Usaha Kue Soes



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

a. Ringkasan Kerja 1

b. Daftar Riwayat Hidup Pengelola 1

c. Klasifikasi Pemilik 1

d. Deskripsi singkat/latar belakang 1

BAB II RANGKUMAN EKSEKUTIF 3

BAB III DESKRIPSI USAHA

a. keunikan produk dan pelayanan 4

b. Prospektif usaha ke depan 4

c. Situasi persaingan 4

d. Target pasar/konsumen yang dituju 4

BAB IV RENCANA KEGIATAN USAHA

a. Aspek Pemasaran 5

a.1 Penetepan harga 5

a.2 Pelaksanaan distribusi

a.3 Periklanan dan promosi

b. Aspek Prodoksi 6

b.1 Pengembangan usaha 6

b.3 Proses produksi 7

b.4 kapasitas produksi 8

c. Aspek Pabrik 8

c.1 Analisis produksi 8

c.2 Kebutuhan produksi 8

c.3 Rekruitmen tenaga kerja 9

d. Aspek Manajemen 9

d.1 Team manajemen 9

d.2 Struktur organisasi 9

d.3 Resiko, hambatan, dan tindakan alternatif kegiatan 10

e. Aspek Finansial

BAB I

PENDAHULUAN

A. Ringkasan Kerja

Nama Usaha : “ kue SUS “

Bentuk Badan Usaha : PT. Semua Suka

Alamat Kontak : JL. Kopo Sayati Hilir RT 03/08 No.144

Telephone : 08997020374

Tipe Usaha : Olahan Sendiri

B. Daftar Riwayat Hidup Pengelola/pemilik

Nama : Siti Rosa

Alamat rumah : JL. Kopo Saysati Hilir RT03/08 No.144

Alamat Tempat Usaha : JL. Kopo Sayati Hilir RT03/08 No.144

C. Kualifikasi Pemilik

Pendidikan Terakhir : SMK

Peran Dalam Usaha : Manager/pengelola

Pengalaman Yang Tertkait : Prakerin di YOGYA

D. Deskripsi Singkat Ide Usaha/Latar Belakang Usaha Yang Akan Dilaksanakan

D.1 Latar Belakang

Saya akan membuat kue SUS ini dengan tujuan agar produk yang saya buat dinikmati oleh semua orang, dari anak-anak sampai orang dewasa. Selain itu juga untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti kegiatan uji kompetensi praktik program keahlian penjualan dan menambah wawasan dalam dunia bisnis. Jika berhasil saya akan mengembangkannya lebih besar lagi.

D.2 Analisa Swot

Kelebihan prodok saya ini adalah selain dapat dinikmati oleh semua orang, produk kami juga dapat dijadikan sebagai makanan penambah gizi. Karena didalamnya terdapat susu yang memberikan kalsium yang bermanfaat bagi tubuh. Kelemahannya adalah produk ini cepat basi/tidak tahan lama. Peluang untuk menjual produk ini sangat besar jika di jual di daerah saya, karena belum banyak orang yang berjualan kue SUS ini. Jadi akan banyak peluang orang untuk membelimya. Ancaman yang akan terjadi adalah jika produk saya ini tidak laku dalam jangka waktu 3 hari, maka akan menjadi basi dan tidak dapat dijual kembali.

BAB II

RANGKUMAN EKSEKUTIF

Penjelasan : Menjelaskan secara lengkap isi dari proposal usaha ini

( Menjelaskan semua aspek yang ada dalam perusahaan )

Nama Usaha : “ KUE SUS “

Type Usaha : olahan sendiri

Bab I mengenai : Ringkasan kerja, daftar riwayat hiduppengelola/pemilik, kualifikasi pemilik, latar belakang dan analisa SWOT.

Bab II mengenai : Rangkuman eksekutif, menjelaskan secara lengkap isi dari proposal usaha ini.

Bab III mengenai : Deskripsi usaha (keunikan produk dan pelayanan, prospektif usaha ke depan, situasi persaingan, target pasar/konsumen yang di tuju.

Bab IV nemgenai : Rencana kegiatan usaha berisi tentang

Aspek pemasaran: (penetapan harga, pelaksanaan distribusi,periklanan dan promosi)

Aspek produksi: (pengembangan usaha, rencana desain produk, proses produksi, kapasitas produksi)

Aspek pabrik: ( analisa produksi, kebutuhan produksi, rekruitmen tenaga kerja)

Aspek manajemen : ( team manajemen, struktur organisasi, resiko, hambatan, dan tindakan alternative kegiatan ).

Bab V mengenai : Aspek finansial ( perhitungan cash flow, rencana penjualan, pendapatan perusahaan dari penjualan).

BAB III

DESKRIPSI USAHA

A. keunikan produk dan pelayanan

Produk yang saya buat ini mempunyai keunikan diantaranya setelah mencoba satu kali anda akan ketagihan dan ingin mencobanya kembali produk yang saya buat juga bisa dimakan oleh semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa. Kami juga akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan kami dengan cara selalu tersenyum dan ramah terhadap semua pelanggan, agar pelanggan tidak bosan untuk membeli produk kami.

B. Prospektif usaha ke depan

Prospektif usaha ke depannya adalah jika usaha saya berkembang, saya akan membuka cabang-cabang lagi di daerah lainnya, sehingga produk yang saya hasilkan menjadi terkenal. Tentunya dengan adanya keluhan-keluhan dari pelanggan, saya bisa mengetahui apa kekurangannya, dan memperbaiki semua kekurangan itu agar produk yang saya hasilkan dapat dikembangkan lagi.

C. Situasi persaingan

Semakin hari akan semakin banyak orang yang memeiliki ide untuk membuat kue sus ini dengan macam kresi yang lebih unik, maka semakin banyak pesaing yang bermunculan tapi itu merupakan pemicu bagi saya untuk terus berkreasi dalam menciptakan produk yang lebih unik dan baru.

D. Target pasar atau konsumen yang dituju

Pertama saya akan menawarkan kepada orang-orang terdekat dulu, kemudian saya akan titipkan di warung-warung dengan begitu orang-orang akan mngnal produk saya ini maka akan samakin mudah saya untuk memasarkan produk ini dan mengembangkannya, bisa juga dengan membuka usaha sendiri.

BAB IV

RENCANA KEGIATAN USAHA

A. Aspek Pemasaran

A.1 Pentapan harga

Target dalam penetapan harga produk dalam usaha ini harus dapat di jangkau oleh semua kalangan. Sehingga rincian-rinciannya sbb :

A.1.1 Harga Pokok

· Telur 1½ kg Rp 18000

· Terigu 2 kg Rp 8000

· Mentega ¼ kg Rp 3000

· Susu 1 klng Rp 6500

· Maezena 1 pack Rp 9000

· Room Rp 2000

· Gas LPG Rp 13000

· Minyak goreng 1 kg Rp 10000

Rp 69500

Jadi, 100 buah @ Rp 695

A.1.2 Harga Jual

Harga Pokok + Persentase Laba

= Rp 695,- + 40%

= Rp 695,- + Rp 278

= Rp 973 / Rp 1000

A.2 Pelaksanaan Distribusi

Saya akan memilih tempat yang strategis seperti di tempa yang ramai dan banyak diminati orang-orang, dan juga mencari tempat usaha yang belum ada psaingnya. Contohnya di titipkan di warung-warung dan di daerah yang blum mengenal usaha ini. Jadi saya bias mempromosikannya, agar warga menjadi suka dengan produk saya ini.

A.3 Periklanan dan promosi

Saya akan menginformasikan kepada masyarakat dengan cara menempelkan poster di tempat-tempat yang strategis, dan juga menybarkan brosur dengan desain yang unik agar dapat menarik orang-orang untuk melihat kemudian membelinya.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons